Sabar Menunggu Ketetapan Allah

book-clock-cute-fancy-lovely-Favimcom-315995_zps4859a6e5

Hari demi hari berganti dan aku masih menunggu. Aku masih terus menunggu sesuatu yang aku sebut harapan. Hampir setiap hari aku menyempatkan diri untuk menelpon orang tuaku. Di saat itulah aku mendengar banyak nasehat dan semangat dari mereka, dan setiap akhir telepon, aku terus meminta mereka agar mendoakan aku, mendoakan agar harapanku membahagiakan mereka bisa terwujud. Begitulah orang tuaku, orang tua yang selama ini tak hentinya memberi support untukku, tak hentinya berdoa untukku.  Harapanku untuk membahagiakan mereka begitu besar. Di kejauhan, aku sering menangis, aku merasa diri ini masih belum mampu menjadi seperti yang mereka harapkan. Maafkan aku karena telah membuat kalian menunggu terlalu lama.Saat ini adalah saat krusial untuk hidupku. Saat dimana cita, cinta, dan impian berkumpul menjadi satu dan semuanya menjadi satu sinergi harapan besar yang ingin aku raih demi satu hal yang aku sebut bahagia. Aku sedang berjuang keras sekarang. Aku berdoa dan pasrah dengan apa yang yang Allah tetapkan untukku. Saat harapan manusia tidak terwujud maka Allah telah menyiapkan realita yang lebih indah dari sekedar harapan manusia. Karena memang ketetapan Allah yang terbaik. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini, semua terjadi atas kehendak Allah dan semua terjadi sesuai dengan ketetapan Allah. Dari keyakinan itu, hatiku menjadi tenang.

Firman Allah Ta’ala :

“Dan kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali bila dikehendaki Allah. Sesungguhnya Allah adalah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Insan: 30)

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ (22)

Artinya : “Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah.” (QS. Al Hadid : 22 )

قُلْ لَنْ يُصِيبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ (51)

Artinya : “Katakanlah (Muhammad),”Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah lah orang-orang yang beriman bertakwa.”(QS. At Taubah : 51)

Terus bersabar dengan ketetapan yang Allah berikan untukku, untuk harapan yang ingin aku capai. Ikhtiar terus aku lakukan, doa terus aku panjatkan, dan aku sekarang terus bersabar menunggu ketetapan Allah untukku. Aku yakin apa yang Allah tetapkan untukku adalah yang terbaik.

Sesuai firman Allah Ta’ala dalam Surat Ath Thur ayat 48-49.

Ath-Thur 48-49

Allah Telah Menetapkan Yang Terbaik Untuk Diri Kita. Bersabarlah dan jangan lelah untuk terus berdoa dan berusaha ketika menunggu ketetapan terbaik dari Allah.

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar : 10).

2 thoughts on “Sabar Menunggu Ketetapan Allah

Leave a Reply

