Tentang Teknik Geofisika

Setelah sekian lama memiliki blog, aku baru sekarang menuliskan tentang jurusan yang aku ambil…aku mau cerita tentang keilmuan di jurusan yang aku pelajari selama kuliah S1 dan S2. Aku masuk jurusan Teknik Geofisika, ITB yang sekarang ini masuk ke dalam Fakultas Pertambangan dan Perminyakan (FTTM). Apa itu Geofisika? Secara istilah, geofisika adalah bagian dari ilmu kebumian yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika dan matematika. Ilmu geofisika ini digunakan untuk mengetahui hal-hal yang terdapat di bawah permukaan. Penelitian geofisika digunakan untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi yang melibatkan pengukuran di atas permukaan bumi dari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan di dalam bumi. Dari pengukuran ini dapat ditafsirkan bagaimana sifat-sifat dan kondisi di bawah permukaan bumi baik itu secara vertikal maupun horizontal. Tujuan eksplorasi geofisika ini bermacam-macam, diantaranya untuk mencari mineral pertambangan, untuk monitoring lapangan geothermal, untuk pengamatan lingkungan, untuk aplikasi geoteknik (penentuan pondasi bangunan, untuk menentukan struktur bumi, untuk mempelajari gempabumi, ilmu tentang gunung api atau volcanology, geodinamika yang mempelajari dinamika pergerakan lempeng-lempeng di bumi, dan eksplorasi seismik yang digunakan dalam pencarian hidrokarbon (minyak dan gas bumi).

large_moz-screenshot-4Secara umum, metode geofisika dibagi menjadi dua kategori yaitu metode pasif dan aktif. Metode pasif dilakukan dengan mengukur medan alami yang dipancarkan oleh bumi. Metode aktif dilakukan dengan membuat medan gangguan kemudian mengukur respons yang dilakukan oleh bumi. Medan alami yang dimaksud disini misalnya radiasi gelombang gempa bumi, medan gravitasi bumi, medan magnetik bumi, medan listrik dan elektromagnetik bumi serta radiasi radioaktivitas bumi. Medan buatan dapat berupa ledakan dinamit, pemberian arus listrik ke dalam tanah, pengiriman sinyal radar dan lain sebagainya.

Berbagai metode geofisika yang dikembangkan untuk mengungkap keadaan struktur bawah permukaan, yang tidak dapat diamati secara kasat mata, antara lain: metode gravity, magnetic, seismic, geolistrik, elektromagnetik, dll.

Untitled

Itu sekilas tentang apa itu Teknik Geofisika….^_^

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Geofisika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s