Tiga Induk Dosa

Tiga Induk dosa yaitu sombong, rakus, dan hasad. Induk dosa inilah yang menghasilkan dosa-dosa yang lainnya.

1. Sombong

Sombong adalah dosa yang pertama kali terjadi di jagat raya ini, yaitu dosa iblis ketika diminta Allah Ta’ala untuk bersujud kepada Adam. Iblis menolak perintah Allah Ta’ala dan iblis berkata: “Aku lebih baik daripada Adam. Karena Engkau ciptakan Adam dari tanah  sedangkan Engkau ciptakan aku dari api”. Maka Allah mengatakan bahwa iblis enggan dan sombong dan iblis tergolong makhluk yang kafir karena tidak mau mengikuti perintah Allah. Umumnya dosa-dosa besar seperti kesyirikan dan kekafiran berasal dari kesombongan. Orang-orang yang menolak kebenaran yang dibawa oleh Nabi dan Rasul adalah karena kesombongan mereka.

2. Rakus (serakah)

Rakus adalah dosa yang dilakukan oleh Adam ketika Adam memakan buah dari pohon yang dilarang Allah Ta’ala. Adam memakan buah itu disebabkan oleh kerakusan yang ada pada diri Adam. Ketika iblis datang menggoda Adam dengan mengatakan bahwasannya kalau Adam memakan buah ini Adam akan kekal di dalam surga. Mendengar hal tersebut, dalam diri Adam muncul rasa rakus untuk menjadi orang abadi dalam surga yang penuh dengan kenikmatan, kemudian Adam melanggar larangan Allah Ta’ala dengan memakan buah tersebut. Rakus adalah sumber dari banyak dosa, seperti mencuri, berzina, korupsi, merampok, penyimpangan seksual, dll.

3. Hasad (iri dengki)

Hasad adalah dosa pertama yang terjadi di dunia ini. Dosa yang terjadi pada salah satu anak Adam sehingga dia membunuh saudaranya yang lain. Ketika korban saudaranya diterima Allah sedangkan korban dirinya tidak diterima Allah Ta’ala sehingga muncul hasad dalam dirinya yang membuatnya membunuh saudaranya sendiri. Hasad adalah penyakit yang sangat berbahaya. Hasad menimbulkan banyak dosa, seperti ghibah (menggunjing orang lain), menyelidiki dan mencari-cari kekurangan/keburukan orang lain, memfitnah orang lain, dll.

-Ustadz Aris Munandar-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s