Alasan Yang Membolehkan Bercerai

Perceraian memang tidak pernah diinginkan menjadi akhir dari pernikahan. Namun jika itu bisa memperbaiki kondisi hubungan yang sudah tidak sehat lagi, maka perceraianlah yang menjadi jalan keluar.
Namun perceraian bukan ibarat sebuah pintu yang tertutup rapat, ada beberapa situasi dimana perceraian dapat menjadi satu-satunya pilihan. Berikut ini adalah beberapa alasan sah yang membolehkan seseorang bercerai menurut Islam:
1) Penyiksaan secara fisik, mental ataupun emosional. Ketika seorang pasangan menjadi kasar secara fisik, menyiksa secara emosi atau mental dan ia tidak mau untuk berubah dengan mencoba untuk mengikuti terapi atau konseling maka hal itu adalah alasan yang sah untuk meminta cerai. Zulm (ketidakadilan) tidak dapat ditoleransi dalam Islam bagi siapapun yang melakukannya.

2) Bila perkawinan gagal memenuhi sasaran dan tujuan yang telah dicanangkan sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena ketidakcocokkan antara suami isteri. Ketidakcocokkan yang terlihat dari tidak dapat didamaikannya kembali manakala terjadi perbedaan antara suami isteri akibat emosi, suka atau tidak suka akan suatu hal.

3) Pengkhianatan dalam rumah tangga; yang dapat menjadi sebab utama atas ketidakharmonisan dalam rumah tangga, karena rumah tangga dibangun atas dasar kepercayaan dan kejujuran yang tujuan utamanya adalah menjaga kesucian dan kerendahan hati orang yang ada di dalam rumah tangga itu sendiri. Sekali saja dasar rumah tangga itu sudah dirusak dan terkikis maka akan sangat sulit untuk mengembalikannya lagi dan saat itulah mungkin perceraian menjadi jalan keluar terakhir.

4) Ketika suami yang semestinya bertindak sebagai pencari nafkah dan menjadi kepala keluarga tapi gagal dalam mengemban tanggung jawab tersebut dan sang istri kemudian memutuskan bahwa ia sudah tidak sanggup lagi atas kelalaian suaminya yang tidak bertanggungjawab terhadap keluarga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s