Berat Badan Ideal

Sebagai manusia, kadang kita kurang puas dengan apa yang kita miliki. Banyak orang yang mengeluh karena berat badannya tidak ideal. Sebagian merasa bahwa dirinya terlalu gemuk, sebagian lagi justru dibuat bingung karena berat badannya kurus. Apakah itu karena kita kurang bersyukur pada apa yang diberikan Allah pada kita? Semoga saja kita tetap tergolong sebagai hamba-Nya yang selalu bersyukur. Sebelumnya memang saya kurang peduli dengan berat badan yang saya miliki tetapi akhir-akhir ini, saya sedikit antusias untuk mencari tips-tips bagaimana cara menggemukkan badan karena memang saya ingin gemuk dan mencapai berat badan ideal. Saya akhirnya search di google dan menemukan beberapa tips dari beberapa artikel yang saya baca di internet.

Berat badan ideal bisa ditambah dengan meningkatkan massa otot, bukan lemak tubuh. Banyak yang sering salah arti dengan menaikkan berat badan berarti menaikkan jumlah lemak. Selain cara itu adalah cara yang salah, cara itu juga sangat tidak sehat karena lemak bertambah artinya kita mengkonsumsi energi lebih banyak dari yang kita butuhkan untuk aktivitas kita. 

Biasanya setelah mencoba selama berbulan-bulan, makan sebanyak mungkin, latihan fitness yang ‘katanya’ sudah berat tetapi masih belum membuahkan hasil sama sekali, kita sudah mulai putus asa dan mengatakan kalau tubuh kurus kita adalah genetik atau sudah nasib. Kalau dalam 2-3 minggu belum ada hasil, pasti itu karena ada yang salah.

Ada sedikit tambahan dari situs lain yang cukup penting, yaitu bahwa berat badan antara lain dipengaruhi oleh dua hal berikut: Pertama, faktor genetika. Jika kedua orang tua dan saudara memang memiliki masalah yang sama yaitu susah gemuk, maka kemungkinan besar anda memang kurus secara genetika. Ke dua, ada masalah metabolisme tubuh, misalnya adanya gangguan pada sistem penyerapan (absorpsi) nutrisi di saluran pencernaan. Atau bahkan mungkin ada masalah di sistem pencernaan. Jika anda termasuk orang yang sering mengalami gangguan pencernaan (sering sembelit, sering diare, atau sering merasa nyeri di perut) ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam (internist) untuk memastikan apakah benar ada gangguan pada tubuh Anda.

Tetapi jangan putus asa, tetaplah berusaha untuk mencapai berat badan ideal dengan mencoba melakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Makan 5-6x sehari, porsi sedang, misal: Pagi, pukul 10, pukul 13, pukul 15, pukul 18 bahkan pukul 22. Mengurangi junk food karena memakan junk food bukan saja menambah lemak tidak sehat tetapi juga bisa memperlambat metabolisme tubuh menjadikan tubuh tidak bisa bekerja secara sehat.

2. Atur pola makan secara teratur, jangan pernah melupakan makan pagi dan makan malam, karena kedua waktu ini adalah waktu tubuh melakukan proses pencernaan makanan. Waktu pagi, tubuh sudah selesai melakukan proses pencernaan, pada waktu malam akan melakukan proses tersebut.

3. Kunyah makanan. Saat makanan di dalam mulut maka kunyahlah sampai halus. Apalagi makan-makanan yang sulit dicerna. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kerja lambung.

4. Seimbangkan gizi makanan. Memilih makanan yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam upaya menggemukan badan sebab makanan merupakan sumber zat gizi, vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Untuk menambah berat badan, seseorang harus memperbanyak konsumsi karbohidrat protein tinggi serta ditambah telur setengah matang. . Mereka harus mengkonsumsi kalori yang berlebihan guna menyisakan kalori untuk disimpan dalam bentuk lemak saat kalori ini dibakar pada akitifitas normal.

Makanan yang bagus untuk dikonsumsi termasuk sayuran, buah buahan, kacang kacangan, tepung tepungan, daging, makanan laut, unggas, dan telur. Yang perlu diingat, tidak semua jenis makanan bagus untuk menambah berat badan sebab saat ini banyak makanan terutama makanan kalengan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan.

5. Minum susu, susu selain sehat juga dapat menggemukkan badan anda, khususnya susu full cream. Disarankan untuk minum susu jenis full cream dua kali sehari. Minum pada pagi hari dan malam hari.

6. Olahraga, dengan olahraga tubuh akan menjadi sehat, sehingga fungsi tubuh pun akan baik. Lakukan olahraga ringan setiap pagi, semisal jogging atau jalan santai dan dengan olahraga sedikit berat minimal seminggu sekali. Yaitu dengan bentuk olah raga yang dapat membuat anda setidaknya berkeringat. Menambah berat badan tidak hanya berkutat pada masalah makanan tetapi juga bagaimana membentuk otot yang berisi dan sehat. Latihan penguatan otot dan pembakaran lemak secara rutin merupakan cara terbaik untuk menambah berat badan sebab aktifitas ini akan mengatur seberapa cepat/lambat anda membakar apa yang anda makan. Untuk dapat menambah berat badan secara sehat, lakukan olah raga secara teratur sehingga yang membesar adalah otot anda dan bukan lemak yang makin menebal.

7. Jika memungkinkan, lakukan latihan secara teratur setiap hari kurang dari sejam. Saat anda di kantor atau di rumah, lakukan gerakan kecil yang tidak terlalu membutuhkan waktu. Saat anda melakukan latihan ini, utamakan pada bagian bagian tertentu dari tubuh, misalnya penguatan otot lengan dengan barbel, penguatan otot otot perut dan lain sebagainya. Para ahli percaya bahwa dengan melakukan latihan yang pada area tertentu pada tubuh akan membuat anda lebih memperhatikan bagian tubuh tersebut. Dengan melakukan latihan ringan, anda tidak terlalu banyak membakar kalori yang telah anda konsumsi. Selain itu, latihan ringan ini juga membuat tubuh anda tidak terlalu lelah untuk beraktifitas.

8. Makan karbohidrat dan protein LANGSUNG setelah selesai latihan. Hal ini diperlukan untuk mengantikan glycogen atau gula dalam otot yang habis sewaktu kita latihan. Dan proteinnya dibutuhkan oleh otot yang baru saja kita ‘rusak’ dengan latihan berat.

9. Apabila perlu, minum obat cacing, obat cacing tidak hanya berguna bagi anak-anak, tapi orang dewasa pun bisa menggunakannya. Cari obat cacing untuk dewasa di apotik terdekat.

10. Biasakan tidur siang. Tidak semua wanita pekerja dimungkinkan untuk dapat kesempatan tidur siang. Jika memungkinkan, tidur siang sangat membantu. Selain relaksasi, tubuh memanfaatan kalorinya untuk disimpan menjadi lemak cadangan tubuh di bawah kulit yang membentuk kontur tubuh feminin itu. Sekurang-kurangnya memanfaatkan waktu istirahat siang dengan duduk berselonjor. Sedapatnya tidak sampai begadang dan tidur malam sekurang-kurangnya 8 jam tanpa obat tidur atau cara lain. Jika ada gangguan tidur dadakan ,atasi segera.

11. Minum multivitamin (ini keharusan buat yang mau nambah berat badan, karena vitamin B terutama, sangat membantu untuk mencerna nutrisi yang kita makan. Akan percuma makan banyak makanan tapi tubuh kita tidak bisa mencernanya dengan baik). Bila perlu tambahkan juga dengan suplemen penambah nafsu makan agar menambah nafsu makan kita.

12. Sembuhkan penyakit yang berakibat kekurusan. Kita tahu ada beberapa penyakit dan gangguan yang dapat membuat tubuh menjadi kurus. Antara lain, TBC, kelenjar gondok, kencing manis, anoreksia, gangguan penyerapan usus atau malabrorbsi, dan kanker.
Pada kasus demikian, kalori terbuang atau kemampuan makan berkurang. Tiada cara yang lebih jitu daripada menyembuhkan penyakit yang menyebabkan kurusnya seseorang. Termasuk baru sembuh dari penyakit berat, pasca-operasi, dan trauma kecelakaan.

13. Selesaikan masalah yang ada. Kebiasaan membiarkan masalah menggantung dapat mengganggu metabolisme tubuh. Keasaman lambung bertambah, selera makan berkurang, begitu pula dengan kurang tidur. Akibatnya, beberapa sistem dalam tubuh dapat terganggu karenanya. Memelihara masalah dapat berlanjut menjadi penyakit atau gangguan tubuh lainnya yang menambah cepat proses kekurusan tubuh.

14. Jauhkan hidup dari stres fisik dan psikis berlebihan
Tidak semua stres bisa kita hindari. Tapi jenis stres yang berat, yang sudah mengganggu keseimbangan tubuh harus kita jauhi. Kerja keras tanpa jeda dan membiarkan diri kita memikul beban kerja dan tanggung jawab yang melebihi kapasitas dan kompetensi, buruk akibatnya. Tubuh kekurangan asupan kalori dan kalori yang sudah sangat kurang ditunggangi pula oleh beratnya pikiran setiap hari.

15. Cukup minum dan kurangi pengeluaran cairan tubuh yang tak perlu
 Berkeringat berlebihan mengurangi cairan tubuh, apalagi jika asupan minum kurang. Maka perlu tambahan ekstra minum setelah diare dan atasi gejala berkeringat yang berlebihan. Penguapan cairan tubuh dan pengeluaran keringat dapat dikurangi dengan menciptakan ruangan bekerja berudara sejuk. Air Condition (AC) mutlak perlu untuk tidak membuang percuma cairan tubuh.

Untuk mengetahui berat badan kita ideal atau tidak, kita perlu menghitung berat badan ideal dengan menggunakan Body Mass Index (index massa tubuh). Ingin menghitung BMI (Body Mass Index) Anda? BMI adalah suatu rumus kesehatan, di mana berat badan (BB) seseorang (kg) dibagi dengan tinggi badan (TB) pangkat dua (m2).

BMI = (BB) / (TB) * (TB)

Misalnya: BB = 45 kg dan TB = 165 cm, maka

BMI = (45) / (1.65) * (1.65) = 16.5

Apakah Anda termasuk kurus, normal, atau overwight? Lihat patokan di bawah ini:

BMI < 18.5 = berat badan kurang (underweight), kurus

BMI 18.5 – 24 = normal, ideal

BMI 25 – 29 = kelebihan berat badan (overweight), gemuk

BMI >30 = obesitas

Lakukan penimbangan berat badan minimal 1 bulan sekali untuk mengontrol berat badan yang kita miliki. Semoga dengan melakukan beberapa tips kesehatan ini, kita dapat  menambah berat badan kita menjadi ideal dan kesehatan kita selalu terjaga. Amin….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s