Aku & Sahabat

Aku ingin bercerita tentang persahabatan…sahabat adalah orang yang selalu ada untuk kita di saat suka dan suka….dan dia tidak akan meninggalkan kita ketika keterpurukan datang pada kita….sahabat akan selalu memberikan bahunya untuk kita bersandar ketika kita lelah…sahabat akan selalu menghapus air mata kita ketika kita menangis….sahabat akan selalu memapah kita ketika kita tak mampu untuk berjalan….sahabat akan menopang kita ketika kita tak mampu berdiri tegak….sahabat selalu tersenyum untuk kebahagiaan kita….tak akan ada iri, tak akan ada persaingan….hanya ada rasa sayang, rasa cinta untuk saling memberi dan menerima satu dengan yang lainnya….

Aku mengambil dari beberapa referensi yang menceritakan tentang persahabatan. Dan aku hanya ingin berbagi mengenal apa itu sahabat…apa itu persahabatan….

Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka. 

Nilai yang terdapat dalam persahabatan seringkali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten:

  • kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain.
  • simpati dan empati.
  • kejujuran, barangkali dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran.
  • saling pengertian.

Seringkali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong.

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi
persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan
bertumbuh bersama karenanya…

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi
membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi,
demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya. Persahabatan
diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur-disakiti,
diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak,
namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan
dengan tujuan kebencian.Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan
untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya
ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman,
tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan
dengan tujuan sahabatnya mau berubah.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha
pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita
membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi
mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih
dari orang lain, tetapi justru ia beriinisiatif memberikan
dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh 
sahabatnya.

Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya,
karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis.
Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati,
namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya.

Aku bersyukur kepada ALLAH SWT karena dengan kekuasaanNYA aku bisa bersua dengan sahabatku, menjalin persahabatan,serta menjalin persaudaraan yang didasari rasa cinta kasih sayang. Untuk sahabat-sahabatku, jazakumullah khoiron katsiro….atas semua yang kalian berikan kepadaku baik kasih sayang, waktu, perhatian, nasihat, motivasi, maupun keceriaan senyuman. Setiap detik petualanganku dengan sahabat-sahabatku akan memberi makna dalam hidupku yang akan selalu kusimpan dalam lubuk hatiku yang paling dalam…terima kasih untung pengalaman hidup dan kenangan indah yang kalian torehkan dalam hidupku….

Sari, sahabat TK….andaikan Sari tau aku menganggapmu lebih dari seorang teman lebih tepatnya seorang sahabat….terima kasih sudah memberikan keceriaan di masa TK-ku…

Nuraini, sahabat sepermainanku waktu kecil….masih ingatkah ketika kita main boneka bareng….manjat pohon kedondong  di rumahmu, main ‘drama’ bareng bersama teman-teman yang lain ?….terima kasih sahabat…..bahagia bisa mengenalmu…..

Dhanik, sahabat SD-ku…..Dhanik, dari kecil sampai saat ini, kamu masih seperti dulu…masih menjadi sahabat yang nyaman untukku berbagi cerita…dulu kita sering menghabiskan waktu bermain di pohon sawo milikmu….dulu kita sering main ‘bongkar pasang’ di rumahku…dulu kita sering main lompat tali di SD….menyenangkan sekali….terima kasih….:-)

Fepti, sahabat SMP-ku…..aku mulai mengenal Fepti ketika kelas 6 SD….saat itu kita les bersama dan duduk satu bangku…Fepti, sosok yang lugu, ceria dan menyenangkan…dia tidak pernah sekalipun marah padaku….dia selalu bersemangat mendengarkan ceritaku dan akupun begitu bersemangat ketika mendengar cerita darinya….di SMP yang sama, kami duduk sebangku lagi…banyak cerita konyol semasa SMP yang kami lakukan…kami sering tertawa ketika mengingat-ingat moment indah dulu…dulu aku sering jalan-jalan menyusuri desa sampai ke pelosok bersamanya…seringkali ketika pelajaran berlangsung di SMP, aku memintanya untuk mencari dan memotong rambutku yang bercabang….kamipun memiliki idola yang sama yaitu F4, hampir seluruh dinding kamarnya ditempeli poster-poster F4 dan akupun melakukan hal yang sama menempeli dinding kamarku dengan poster-poster F4 walaupun tidak sebanyak dia…aku senang mengenalnya dan sampai saat ini, kami masih sering berkomunikasi dan bertemu walaupun kota kami sudah berbeda….terima kasih sahabat…aku ingin kebahagiaan selalu bersamamu….tetaplah menjadi Fepti yang dulu…Fepti yang selalu ceria dengan tawamu….

Mbak Norma Say, sahabat SMA-ku….dia sosok sahabat yang lain daripada yang lain….sosok istimewa yang penuh dengan ketegaran, kerja keras, tak mudah putus asa dalam meraih impian.. dia adalah orang yang murah senyum, enak diajak ngobrol, suka becanda, penuh perhatian, dan ketika keterpurukan datang padaku, dia dengan semangatnya membuatku bangkit lagi…Mbak Norma selalu mengingatkanku untuk selalu dekat dengan Allah, mengingatkanku untuk selalu bersyukur pada-Nya. Kami sering berpetualang bersama, muter-muter Luwez, Baru, Pasar, Solo Grand Mall, PGS, ITB-Sabuga, UNS, dan ke tempat lainnya…aku sering nginep & sangat dekat dengan keluarganya dan begitu pula dengannya yang dekat dengan keluargaku….aku merasa kami tidak sekedar menjadi sahabat tetapi aku merasa dia kakak bagiku…pernah aku menulis untuknya tentang persahabatan dan persaudaraan kami di tahun 2007…

“Kita sudah hampir 3 tahun kita saling mengenal & menjalin persahabatan sekaligus persaudaraan. Tentunya  sangat banyak kenangan yang telah kita ukir bersama…bersama2 berpetualang, mengisi hari dengan keceriaan, berjalan di jalan ALLAH,& bersama meraih sebuah BINTANG. Inget kan say kita dah punya komitmen bahwa kita akan sama2 berjuang, berusaha, serta berdoa untuk meraih sebuah BINTANG & menggapai masa depan yang indah demi kebahagiaan orang tua yang membesarkan kita, bagi hidup kita sendiri di dunia maupun akhirat , saudara& orang2 yang kita sayangi serta yang paling utama ALLAH SWT”.

Kita tidak pernah tahu apa maksud TUHAN dibalik cobaan & penderitaan yang diberikan-NYA kepada kita.Yang pasti bila kita menjalaninya dengan hati ikhlas & semata2 demi mengagungkan namaNya,kelak semuanya menjadi sumber Kebahagiaan kita.”

Kadang seseorang sakit hati ketika dia harus meninggalkan sesuatu yang telah melekat di hatinya. Tapi bila kita mengerti, Tuhan memiliki rencana lain, bahwa masih banyak hal yang lebih kita sukai dan akan lebih baik yang akan kita temukan setelah kita berpisah dan rela menghapus masa lalu kita. ” I leave and get the one better ”

Aku selalu mendoakanmu, sahabatku….semoga Mbak Norma tetap menjadi sosok sahabat istimewa bagiku, mampu mewujudkan segala mimpi itu, dan bahagia di dunia & akhirat nanti….^_*

Puji, sahabat Kampus-ku….Puji, sosok sahabat yang membuatku betah selama perkuliahan dan sosok sahabat yang sering membuatku kangen saat kami bersama dulu dan kini harus dipisahkan oleh kesempatan, jarak dan tempat….Puji adalah sosok yang lugu, ceria namun ketika masalah datang padanya, dia akan terlihat sangat murung dan diam…saat itu aku hanya menunggu sampai dia mau berbagi denganku…dulu kami sering jalan-jalan muter-muter mall, foto-foto bareng, main bersama ke rumahnya di Sumedang, atau menghabiskan waktu mengobrol dan becanda di kosan…Puji lain dengan teman-teman kuliahku yang lain, dia lebih santai orangnya…tidak seperti teman-teman yang sangat ‘study oriented’…dan itulah mengapa aku sangat nyaman dengannya…kami memiki sifat yang agak mirip….kami sangat ‘childish’, polos, sederhana, ceria, serta pemalas…kadang karena terlalu serunya kami bersama, kami tidak sadar sehingga sering menghabiskan waktu dengan hal-hal yang kurang penting dan mengabaikan hal-hal yang penting…itu sangat lucu…:-)….sangat menyenangkan mengenal dan menjalin persahabatan dengannya…. Puji, terima kasih untuk semua yang Puji berikan untukku….terima kasih atas bantuannya selama ini…..semoga Puji & keluarga selalu bahagia….aku bahagia bisa mengenalmu….

Di saat bersama-mu sahabat adalah saat di mana kebahagiaan datang menyelimutiku….terima kasih untukmu sahabat…..

Afi’, dia yang sering main ke kosanku sepulang dari sekolah…kami-pun saling berbagi cerita……terima kasih untuk persahabatannya…dan tak kulupa moment berharga saat traktiran makan di Es Puas….this is a great moment for me….:-)

Tri Haryanti (sitrex), sering main ke kosanku juga sepulang dari sekolah….seorang sahabat yang penuh keluguan dan kelucuan….selalu tertawa ketika kamu mulai bicara dan aku bahagia telah mengenalmu…..

Dyas Foresiti, bagian tak terpisahkan di masa SMA-ku….menjadi teman sekamarku yang sering menjengkelkanmu karena suka membuat kamar kita berantakan…dia yang sudah membuat aku latah….hehe….

Evi (Nanda), sahabat sekos yang penuh kelucuan yang sangat pandai dalam berbahasa inggris ini yang selalu membuat semuanya seolah-olah dalam drama….dan akan selalu aku ingat drama kita…..Ayah-Bunda-Papa-Nanda-Nabil…..:-)

Eka (Nabil), dimana dirimu berada sahabat…..jadi teman sebangku di saat kelas 3 SMA menjadi moment menyenangkan bagiku….dulu aku sering main ke rumahmu dan kamu sering sekali mengantarku pulang ke rumah…..terima kasih Eka….

Via, perempuan tercantik di SMA-ku….teman satu kosan…sekamar dengan Evi….makasih Via sampai sekarang masih bisa menjalin silaturahmi walaupun sudah lama tidak bertemu…..:-)

Iyas-Rizka-Iktri-Astrid-Konsep-Marko-Ipul, kalian-lah sahabat sejurusan yang jadi tempat berbagi dalam suka duka selama kuliah….terima kasih sahabatku atas untaian persahabatan indah kalian untukku….love u all….

Iyas

Rose is a flower…it stays for 1 hour…but friendship has the power which will stay, forever…..^_^

Rizka

Orang yang berbahagia tidak selalu memiliki hal yang terbaik tapi berusaha menjadikan terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya.

A wonderful friend is a beautiful blend of caring and sharing and love.

Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan tapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah.

Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.

Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri.

Dalam masa kejayaan, teman-teman mengenal kita. Dalam kesengsaraan, kita mengenal teman-teman kita. Ingatlah kapan terakhir kali anda berada dalam kesulitan. Siapa yang berada di samping anda? Siapa yang mengasihi anda saat anda merasa tak dicintai?

Hargai dan peliharalah selalu persahabatan anda karena seorang sahabat lebih dekat dari saudara sendiri.

Iktri

I’ve never realized. That I come to the earth. Not alone. Till I found my friends. Ups, they’re just human. But they give me much. And we share much. When I call you. You’ll come with a glory of love. With warm help and calm whisper. Then I realize. I’ll never be alone.

Astrid

We come to love not by finding a perfect person but learn to see imperfect person perfectly….

Konsep

Engkau adalah petunjuk jalan menuju kekosongan terdalam dalam samudra terkelam. Ajarkan aku, melebur dalam gelap tanpa perlu lenyap…tak mampu lagi berdiri tapi tak memilih pergi. Tunggu aku, yang hanya selangkah lagi menuju bibir jurangmu…

Teh Cindy, tetehku di kosan waktu kuliah….selalu memberikan humor-humor dan sangat menyukai doraemon….kamarnya berwarna biru-biru membuat aku tertarik untuk main dan curcol ke kamarnya….sering nggak jelas seperti diriku….makasih teteh untuk persahabatannya….selalu menunggu saat nge-GJ bareng teteh….

Mbak Nanik, teman kantor waktu di Jakarta….dan dialah yang membuatku sangat nyaman ketika di kantor….ada banyak sisi yang mirip di antara kami dan itulah yang membuat kami dekat dan saling berbagi….selalu mengingatkanku untuk selalu dekat dengan Allah….ya walaupun sekarang kami berjauhan….tapi doaku selalu untukmu, mbak Nanik…semoga mbak dan keluarga selalu bahagia….

Saat engkau menemui udara pagi ini cerah, langit hari ini biru indah, mengapa sibuk mencemaskan hujan yang tak kunjung datang? Padahal kalau saja kau nikmati adanya tanpa kesah, pastilah dapat kau kerjakan begitu banyak kegiatan dengan penuh kegembiraan. Maka,nikmatilah jangan malah resah memikirkan hujan yang tak kunjung tumpah. Karena jika kau tak menikmatinya, maka saat tiba masanya hujan menggenangi tanahmu, kau pun kan kembali resah memikirkan kapan hujan berhenti. Percayalah, semua ini akan berlalu, maka mengapa harus memikirkan sesuatu yang tak ada, namun suatu saat akan hadir jua? Sedang hal itu hanya akan membuat kita kehilangan keindahan hari ini karena mencemaskan sesuatu yang belum pasti.

Seorang alim pernah memberikan nasihat kepada anaknya. Wahai anakku! Apabila kamu membutuhkan seorang sahabat, maka bersahabatlah dengan seseorang yang ketika kamu berkhidmat padanya, ia memelihara hubungan dengan kamu. Bila engkau membutuhkan bekal ia mencukupimu. Bila engkau berbuat baik padanya, maka begitu juga dia. Apabila ia memperoleh kebaikan dari kamu ia akan menghargainya. Bila ia melihat yang tidak baik maka ia akan meluruskannya. Bersahabatlah dengan orang yang bila kamu meminta sesuatu darinya ia memberinya. Bila kamu diam saja, dia pergi. Bila kamu ditimpa musibah, maka dia menolongmu. Bila kamu salah, ia membenarkannya. Bila kamu berdiskusi ia menghargaimu.  

“Sahabat adalah orang-orang yang tidak akan menertawakanmu atau menyakitimu, dan jika mereka benar-benar menyakitimu, dan jika mereka benar-benar menyakitimu, mereka akan berusaha keras untuk memperbaikinya”.

Ada kata-kata indah tentang beda antara teman dan sahabat yang aku dapat dari blog tetangga….

Karya : Layuza

Email : Layuza96@yahoo.com

Teman memberimu senyuman

Tapi…

Sahabat memberimu kebahagiaan

Teman akan menceritakan yang tidak benar tentang dirimu

Tapi…

Sahabat akan tutup mulut dengan kesalahanmu

Teman hanya menerima kelebihanmu

Tapi…

Sahabat akan menerima kekuranganmu

Seribu teman datang saat kamu tertawa bahagia

Tapi…

Seorang sahabat akan datang saat kamu berderai air mata…

Semua yang kita lewati akan menjadi sebuah renungan dalam hidup kita dan berharap kita bisa hidup lebih baik lagi & itu semua menjadi sebuah kenangan yang indah dalam hidup kita yang akan selalu mengikuti kita kemanapun kita berada. Mungkin ketika kita buka kembali setiap lembar album kenangan yag telah berbekas, kita akan tertawa, tersenyum, bersedih, atau malah mungkin  menangis??! Itulah kehidupan…seperti pelabuhan…selalu saja ada yang datang & pergi silih berganti seiring dengan usia kita…tetapi sahabat, dia akan selalu di dalam hati kita…..:-)

Sajak Persahabatan – Khalil Gibran

Dan jika berkata, berkatalah kepada aku tentang kebenaran persahabatan?..Sahabat adalah kebutuhan jiwa, yang mesti terpenuhi. Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau panen dengan penuh rasa terima kasih.

Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu.Karena kau menghampirinya saat hati lapa dan mencarinya saat jiwa butuh kedamaian.Bila dia bicara, mengungkapkan pikirannya, kau tiada takut membisikkan kata “tidak” di kalbumu sendiri, pun tiada kau menyembunyikan kata “ya”.

Dan bilamana ia diam, hatimu tiada ‘kan henti mencoba merangkum bahasa hatinya; karena tanpa ungkapan kata, dalam rangkuman persahabatan, segala pikiran, hasrat, dan keinginan terlahirkan bersama dengan sukacita yang utuh, pun tiada terkirakan.

Di kala berpisah dengan sahabat, janganlah berduka cita; Karena yang paling kaukasihi dalam dirinya, mungkin lebih cemerlang dalam ketiadaannya, bagai sebuah gunung bagi seorang pendaki, nampak lebih agung daripada tanah ngarai dataran.

Dan tiada maksud lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya ruh kejiwaan. Karena kasih yang masih menyisakan pamrih, di luar jangkauan misterinya, bukanlah kasih, tetapi sebuah jala yang ditebarkan: hanya menangkap yang tiada diharapkan.

Dan persembahkanlah yang terindah bagi sahabatmu. Jika dia harus tahu musim surutmu, biarlah dia mengenal pula musim pasangmu. Gerangan apa sahabat itu hingga kau senantiasa mencarinya, untuk sekadar bersama dalam membunuh waktu? Carilah ia untuk bersama menghidupkan sang waktu! Karena dialah yang bisa mengisi kekuranganmu, bukan mengisi kekosonganmu. Dan dalam manisnya persahabatan, biarkanlah ada tawa ria berbagi kebahagiaan. Karena dalam titik-titik kecil embun pagi, hati manusia menemukan fajar jati dan gairah segar kehidupan…

Aku pernah berjanji pada sahabatku sewaktu S2 untuk menulis namanya di daftar sahabatku yang lain. Mereka yang support aku ketika aku merasa kesulitan semasa S2. Makasih sahabatku, Daus dan Aul. Mereka adalah orang Aceh yang terlahir dari keluarga yang Islami dan aku banyak belajar dari mereka. Sukses untuk kalian ya…^_^


2 thoughts on “Aku & Sahabat

  1. Kadang kita baru merasakan seseorng berarti bagi kita, ketika kita kehilangan dia. Maka dari itu, jagalah sahabatmu. Satu kenangan indah bersamanya, akan menumbuhkan sejuta kebahagiaan dihatimu yang akan selalu kamu ingat sampai akhir hayatmu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s