Bingung…bingung…

Bingung? Pernahkah anda mengalami kebingungan? Aku yakin kita pasti pernah mengalami 1 titik dimana kita merasa bingung dalam menentukan pilihan. Nih sekarang aku sedang mengalami kebingungan dalam memilih jalan mana yang akan aku ambil. Aku cuma takut aku keliru dalam melangkah yang tentunya ber-efek ke hari depanku nanti. Memilih merupakan bagian tak terpisahkan dari hidup. Setiap saat pasti kita dihadapkan dengan beberapa pilihan dan tentunya kita harus siap untuk memilih. Memilih mulai dari hal yang terkecil sampai hal yang terbesar. Kadang orang berpikir untuk lari dari tindakan memilih, karena mungkin menganggap dengan cara seperti itu bisa terlepas dari tuntutan moral ketika tidak menemukan pilihan yang tepat. Padahal memilih untuk tidak memilih juga merupakan sebuah pilihan, dan tentu membawa konsekuensi. Memilih adalah sebuah tanggung jawab. Memilih juga merupakan sikap untuk menentukan arah jalannya sejarah, sekecil apa pun pilihan kita buat. Memutuskan untuk memilih melakukan atau meninggalkan suatu tindakan, walaupun kita yakin hanya untuk sekali saja, akan membawa akibat yang panjang, meski tidak terasa secara langsung.

Lalu sekarang bagaimana kala kita mengalami kebingungan dalam memilih? Bingung untuk melakukan apa? Bingung kemana arah kita melangkah? Yang harus dibenahi adalah pikiran kita sendiri. Jangan berhenti ketika bingung. Karena kita tidak tahu segalanya dan ilmu itu sangat luas. Maka sebenarnya wajar jika kita merasa bingung. Semua orang akan bingung saat menemukan sesuatu yang baru, menemukan banyak pilihan, atau menemukan banyak informasi. Tapi, yang terpenting adalah jangan sampai bingung itu menghentikan kita untuk berusaha. Banyak orang yang bingung kemudian dia menjadi berhenti untuk belajar dan mendapatkan informasi. Saat kita berhenti belajar dan berhenti mendapatkan informasi, ini merupakan kerugian besar. Dunia cepat berubah, jika kita ketinggalan informasi maka kita akan tergilas oleh perubahan. Cara atau strategi yang bekerja hari ini, belum tentu akan bekerja besok hari. Jangan sampai kita hanya diam seperti katak dalam tempurung. 

Ada yang berkata, semakin banyak kita belajar kita akan sadar bahwa banyak hal yang belum kita ketahui. Jadi, tidak mungkin kita mengetahui segalanya. Terima saja kebingungan sebagai bagian dari proses dari belajar. Jika tidak bingung, artinya kita sudah tahu segalanya atau merasa tahu segalanya. Padahal itu tidak mungkin. Semua orang mengalami kebingungan. Yang membedakan orang sukses dan tidak adalah bagaimana menyikapi kebingungan tersebut. Tidak semua harus ada jawabannya. Anda boleh menyimpan pertanyaan-pertanyaan yang belum ada jawabannya. Carilah jawaban, belajar terus, dan suatu saat kita akan menemukannya.

Dalam menyikapi kebingungan itu kita harus tenang, jangan panik karena panik justru akan memperburuk keadaan. Berdo’alah dengan seyakin-yakinnya untuk meminta solusi kepada Allah. Kemudian kita harus terus berikhtiarlah, belajar sebanyak-banyaknya sedapat mungkin untuk menjemput solusi yang sudah kita minta kepada Allah.

Sering kali ketika kita ngomong “aku lebih baik memilih ini…tapi…?”. Kita sering menggunakan kata “tapi” itu yang merupakan bagian pembenaran bahwa kita sedang terpuruk dan tidak ada jalan keluar. Jika kita serius mencari solusi, seharusnya menghindari kata “tapi”. Meskipun solusi tersebut terlihat tidak mungkin. Kita harus mencoba untuk berpikir terbuka, sebab seringkali bukan tidak ada solusi, tetapi orang sering menutup pikirannya untuk solusi. Daripada mengatakan “tapi”, tanyakan saja, “Bagaimana caranya?”. Bisa jadi apa yang sebelumnya terlihat mustahil, berubah menjadi hal mudah setelah tahu caranya.

Jadi, kebingungan dalam memilih adalah sesuatu yang wajar. Yang penting kita harus tetap tenang, jangan menyerah, tetaplah belajar, berusaha dan berdoa. Yakin bahwa Allah akan memberi petunjuk jalan yang terbaik buat hamba-NYA. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s