Penyebab Turunnya Berat Badan Secara Drastis

Aku sudah 2,5 tahun memiliki berat badan yang di bawah berat badan idealnya…..sering aku dibuat bingung dengan apa yang aku alami, aku rasanya tak pernah sekurus ini…..aku memang dari kecil sulit untuk gemuk tapi dulu berat badanku juga tidak kurus, tergolong ideal tidak seperti saat ini…..aku memiliki tinggi badan sekitar 157 cm, dulu berat badanku berkisar di angka 45, 46, 47, 48 kg….dan saat itu pipiku terlihat tembem sampai dibilang ‘ndut’ juga dibilang ‘pipi molen’ ma temenku….. Tapi entah apa yang terjadi sampai saat ini aku juga bingung kenapa berat badanku turun drastis….. puncak kekurusanku terjadi di bulan Oktober 2010 waktu aku wisuda yaitu 38 kg…..Aku dibuat cukup ‘stress’ dengan berat badanku kenapa bisa jadi sekurus ini…..pipiku jadi tirus dan terlihat seperti orang kurang gizi…..padahal dari segi porsi makan, aku tak berubah….masih sama seperti dahulu……baju-bajuku juga banyak yang tidak aku pakai karena kedodoran tapi yang parah banget, celana smp yang dulu nggak muat sekarang malah longgar aku pakai……..

Oh Ya Allah, apa yang terjadi denganku? Jika itu karena banyak masalah 2,5 tahun terakhir ini harusnya tak sampai membuat aku kurus soalnya dari dulu juga aku memiliki banyak masalah yang berat. Akhir-akhir ini rata-rata berat badanku berkisar 41 kg dan karena saat ini puasa berat badanku turun menjadi 40 kg. Hua pengen ideal lagi nih tapi aku benar-benar menghadapi kesulitan menaikkan berat badan mencapai 46 kg….sedih……sebenarnya apa ya penyebabnya? sempat berpikir, apa selain aku punya banyak masalah, aku punya penyakit lain ya….semoga tidak…….

Dari beberapa artikel yang aku baca dari internet, ada beberapa penyebab yang menyebabkan turunnya berat badan secara drastis.

Ada beberapa sebab mengapa berat badan Anda selalu dikategorikan underweight atau kurang berat. Tidak semua berhubungan dengan porsi makanan yang  dikonsumsi, tetapi lebih banyak tergantung pada kondisi kejiwaan. Emosi yang tidak stabil pun bisa memicu berkurang atau bertambahnya berat badan Anda. Sama seperti jika Anda terserang stress. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan faktor-faktor yang mampu mempengaruhi kondisi di atas, antara lain:

1. Pola Makan Yang Bermasalah. Contoh pola makan salah paling banyak terjadi adalahanoreksia dan bulimia. Kasus ini lebih banyak menyerang perempuan muda yang terobsesi memiliki berat badan sempurna. Mereka lebih senang memperhatikan penampilan daripada kesehatan. Terbukti dari sekian banyk kasus yang terjadi menyebutkan bahwa kebanyakan wanita usia muda membatasi konsumsi makanan yang telah dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara mengeluarkan kembali melalui mulut. Atau, dengan cara mati-matian megurangi makanan hingga kehilngan minta untuk makan. Jika Anda terperangkan dlam kasus ini, ada baiknya segera mencari bantuan dengan cara berkunjung ke dokter pribadi atau psikolog Anda. Ahli nutrisi yang tetap untuk Anda akan menunjukkan cara terbaik bagaimana mengatasi pola makan Anda dan membantu mencapai berat badan yang sesuai dengan keinginan . Biasanya, lebih banyak camilan sehat dan makanan sehat dalam porsi kecil mampu menggantikan energy yang hilang dan secra perlahan akan menjauhkan Anda dari pola makan yang salah.

Kalau untuk point 1. ini jelas tidak terjadi denganku.

2. Kerja Kelenjar Tiroid Yang Tidak Stabil. Mereka yan berusaha keras menaikkan berat badan atau kerhilngan berat badan secara drastic biasana mengalami masalah dengan kerja tiroid yang berlebihan. Ada baiknya, Anda mengeceknya langsung ke bagian kesehatan di rumah sakit untuk mendapat perawatan yang lengkap. Biasanya akan dilakukan berbagai tes yang berhubungan dengan kerja kelenjar. Untuk menggantikan banyaknya energi yang keluar karena  karena kerja kelenjar yang menyebabkan berat badan turun drastis, biasanya dianjurkan untuk menambah asupan makanan sehat pada setiap hidangan seperti buah segar dan kering, jus buah, sandwichgandum, crackers, keju, yogurt hingga kacang-kacangan.

Nah kalau untuk point 2. ini, aku belum tau, belum aku cek ke dokter.

3. Depresi. Tekanan mental berlebihan bisa menyebabkan 2 kasus, turun berat badan dan naiknya berat badan. Depresi menyebabkan sebagian orang kehilangan nafsu makan dan akan sangat berbahaya bagi tubuh jika tidak ada asupan makanan sama sekali. Metabolisme tubuh terganggu dan tentunya akan menghambat fungsi tubuh secara keseluruhan. Anda tidak akan bisa menambah berat badan Anda jika kehilangan minat untuk makan. Dan karena tidak ada tambahan energi untuk tubuh, asupan suplemen berupa vitamin dan mineral sangat penting manfaatnya dan mampu membantu masalah depresi Anda. Suplemen bekerja mestimulasi nafsu makan. Contohnya, golongan vitamin B sangat baik untuk menambah nafsu makan. Jadi, ada baiknya jika Anda membeli jenis vitamin ini dan konsumsilah selama 3 bulan untuk merasakan manfaatnya.

Untuk point 3. ini sepertinya bisa jadi. Aku akan mencoba mengkonsumsi vitamin B.

4. Sembuh Dari Sakit dan Kurang Makanan Bergizi. Jika tergolong pada kasus ini, berat badan memang akn turun dengan sangat drastic. Apalagi jika Anda lebih suka menghindari makanan tertentu, dan hanya mengonsumsi secangkir kopi dan seiris roti panggang, atau bahkan sandwich ukuran kecil untuk makan siang. Percaya deh, berat badan Anda tidak akan bertambah. Sangat dianjurkan untuk makan sedikitnya 3 porsi makanan padat gizi setiap hari dan tentunya dengan jumlah yang ditambah di tiap porsinya. Ingatlah untuk memilih jenis makanan yang sehat bukan dari jenis yang membahayakan kesehatan Anda.

Untuk point 4, tidak.

5. Pola Makan Tidak Seimbang. Karena badan terlalu kurus dan susah sekali menaikkan berat badan, kecenderungan untuk mengonsumsi makanan yang tidak seimbang sering dilakukan. Hanya makan biji-bijian, buah dan sayuran, serta menghilangkan bahan makanan dari hewan seperti susu, daging, ikan, bahkan telur pun tidak sehat. Idealnya, Anda harus mengonsumsi buah dan sayuran, biji-bijian, lemak, ikan, telur dan beberapa jenis lemak tidak jenuh setiap hari. Jika Anda seorang vegetarian, tentunya sulit untuk menambah berat badan. Hal ini bisa diatasi dengan memperbanyak /makanan berserta tinggi kalorinya. Cobalah untuk memodifikasi pola diet Anda dengan memasukkan beberapa sumber protein dari hewan seperti susu, yogurt, keju, cottage atau jenis lain dan telur. Tambahkna sedikitnya 3 – 4 sendok makan minyak biji bunga matahari atau minyak zaitun ke dalam olahan salad. Banyak makan kacang-kacangan dan buah kering juga mampu menambah asupan ebergi Anda.

Untuk point 5, bisa jadi sih….

6. Terlalu Banyak Berolah Raga. Olah raga memang baik untuk fungsi tubuh terutama adalah untuk menjaga kebugaran tubuh dan mempertahankan kesehatan. Tetapi, jika dilakukan secara berlebihan karena target, berat badan Anda akan cepat sekali turun dan tentunya sulit dikembalikan. Ada baiknya jika Anda berolah raga secra perlahan tetapi rutin tanpa harus mengejar target. Usahakan untuk tetap menyeimbangkan asupan kalori yang masuk dan yang dikeluarkan karena olehraga atau kegiatan lain yang menyita banyak energi. Makan camilan sehat mampu menopang kondisi fisik Anda. Harap diingat, usaha yang terlalu maksimal tidak selalu membuahkan hasil sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, tetap lakukan dengan perlahan tetapi stabil dan tentunya ditunjang dengan makanan yang seimbang. Kasus lain yang banyak menyebabkan sulitnya berat badan bertambah adalah sulitnya tubuh menyerap zat gizi yang masuk. Biasanya hal ini berhubungan langsung dengan fungsi tubuh secara menyeluruh. Konsultasi rutin dengan dokter pribadi atau ahli kesehatan tentunya sangat diperlukan.

Kalau untuk point 6, jelas tidak soalnya aku sangat jarang berolahraga.

Berbicara mengenai pentingnya vitamin B nih…….sebenarnya siapa saja sih yang benar-benar butuh vitamin B?

Menurut para ahli, meski vitamin ini dibutuhkan semua orang, ada 5 kelompok orang yang betul-betul perlu menyadari bahwa mereka harus mendapatkan vitamin B yang cukup..

Wanita
Wanita segala usia harus tahu bahwa mereka perlu mendapatkan cukup vitamin B untuk mengurangi sindrom pramenstruasi dan menopause, juga mengurangi risiko terjadinya keropos tulang (osteoporosis) dan penyakit jantung yang berkaitan dengan menopause.

Fred Pescatore, M.D,M.Ph., seorang dokter di Centres for Integrative and Complementary Medicine New York mengatakan vitamin B6, B7, B9 dan B12 adalah vitamin-vitamin yang mengatur produksi estrogen. Vitamin B6 bisa mengurangi kecemasan, sedangkan vitamin B3 menurunkan hormon yang berkaitan dengan sakit kepala dan keinginan untuk menyantap makanan manis.

Wanita-wanita pengguna pil kontrasepsi tidak dapat menyerap vitamin-vitamin dengan baik. Hal ini mengakibatkan sakit kepala, pening dan rasa mual, karena obat yang diminum tersebut. Menurut Pescatore, meningkatkan asupan vitamin B dapat meningkatkan penyerapan vitamin tadi. Vitamin B9 (asam folat) perlu bagi ibu hamil, karena kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan cacat pada bayi.

Bagaimana sebaiknya
wanita menopause atau pengguna pil kontrasepsi perlu mengkonsumsi 100 mkg B kompleks tiap hari. Dosis umum untuk wanita 25-50 mkg saja sehari. Vitamin B kompleks mengandung semua vitamin B. Apabila Anda mengalami sindrom pramenstruasi, tambahkan lagi 50 mkg satu minggu sebelum menstruasi dan diteruskan sampai menstruai selesai. Anda yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan perlu menambahkan 400 mkg (mikrogram, singkatan dalam bahasa Inggris: mcg) asam folat (B9) setiap hari.

Lansia
Makin tua usia kita, tubuh semakin sedikit memproduksi asam lambung, yang mengakibatkan menurunnya penyerapan zat gizi termasuk vitamin-vitamin B. Menurut Katherina Tucker, Ph.D, ahli gizi dari Tuff University Boston, kaum lansia (lanjut usia) memerlukan vitamin-vitamin B1, B6, dan B12 untuk mempertahankan daya refleksi serta meningkatkan daya ingat dan kesehatan mental. Vitamin-vitamin B2, B5, B7, dan B9 berguna untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku, sedangkan vitamin B2 dapat mencegah katarak.

Bagaimana sebaiknya
Lansia (di atas usia 50 tahun) yang sehat bila mengkonsumsi 100 mkg vitamin B kompleks per hari. Bila berpenyakit kronis, misalnya diabetes atau lemah karena penyakit yang baru dialami, konsumsi vitamin B kompleks perlu ditingkatkan menjadi 150 mkg. Imbangi dengan mengkonsumsi suplemen enzim untuk pencernaan, 425 mkg sebelum makan untuk membantu tubuh menyrap asupan gizi. Jika ada tanda-tanda berkurangnya daya ingat, seorang dokter di Beth Israel Medical Center New York menganjurkan minum dosis tambahan 50 mkg B1, 50 mkg B6, 4 mkg B9, dan 1000 mkg B12.

Cereal yang diperkaya merupakan sumber vitamin B yang bagus dan mudah diserap, bahkan bagi orang-orang yang kekurangan asam lambung seperti lansia.

Vegetarian
Vegetarian, terutama Vegan (samasekali tidak makan produk hewani), tidak cukup mendapatkan asupan vitamin B12, dari makanan, karena vitamin B12 paling banyak terdapat pada produk hewani. Vitamin B12 diperlukan untuk membentuk sel baru dan mempertahankan kesehatan sistem saraf, papar Melanie Polk, ahli diet alami dan Direktur Pendidikan Gizi American Institute for Cancer Research di Washington D.C.

Bagaimana sebaiknya
Walaupun tidak makan daging, vitamin B12 dapat diperoleh dari makanan nabati kaya vitamin B12 seperti susu kedelai dan tempe.

Jumlah vitamin B12 alami yang ditulis pada label kemasan produk tidak selalu benar demikian, karena jumlah tersebut merupakan vitamin B12 non-aktif yang tidak dapat digunakan oleh tubuh. Namun makanan dari tanaman kaya vitamin B12 umumnya mengandung vitamin B12 aktif.

Penderita penyakit jantung
Meningkatkan konsumsi vitamin B6, B9, dan B12 dapat mengurangi risiko penyakit jantung, karena menyusutkan kadar homosistein dalam darah yang dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh arteri. Dalam hasil penelitian tahun 1999 yang dimuat dalam European Heart Journal disebutkan pasien yang kadar vitamin B9 dalam darahnya tergolong rendah, risikonya terkena penyakit jantung meningkat hingga 50%. Dalam studi serupa ditemukan risiko mengidap penyakit jantung meningkat tiga kali lipat pada wanita pramenopause yang memiliki kadar rendah vitamin B6 dalam darahnya.

Bagaimana sebaiknya
Kalau orangtua, kakek-nenek, atau buyut Anda berpenyakit jantung atau beresiko tinggi terhadap penyakit jantung, Anda sebaiknya mengkonsumsi suplemen 100 mkg vitamin B kompleks per hari, dan tambahkan 250 mkg vitamin B6, 2-4 mkg vitamin B9, 1000 mkg vitamin B12.

Penderita depresi
Membicarakan depresi dan vitamin B merupakan lingkaran setan. Anda tidak hanya menjadi lebih peka terhadap depresi bila tidal mendapatkan vitamin B yang cukup, tetapi stres karena depresi juga akan menguras vitamin B dari tubuh Anda.

Vitamin B mempunyai efek menenangkan yang mengurangi rasa takut, memperbaiki selera, dan menghilangkan ketegangan. Vitamin B6, B9 dan B12 merangsang produksi serotonin yang membuat otak tenang, yang umumnya pada penderita depresi diproduksi dalam jumlah yang rendah.

Bagaimana sebaiknya
Bila Anda depresi (gejala-gejalanya antara lain tidak berdaya, lekas marah, sedih, malas berdandan, tidak nafsu makan) minumlah 100 mkg vitamin B kompleks dan 100 mkg vitamin B6 per hari. Biasanya hasilnya bisa dilihat setelah satu bulan, tetapi ada juga ahli yang memberikannya selama 4 bulan. Tentu saja tidak semua kasus depresi terkait dengan vitamin B6. Karena itu untuk menyakinkan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengobati diri sendiri.

Bahan makanan sumber vitamin B

  • Vitamin B kompleks:
    Tepung terigu (roti, pasta, sereal), sayuran daun hijau, kentang, kacang kacangan (kedelai, tempe, kacang hijau, kacang merah), ikan dan kerang-kerangan, hati, ayam, daging, telur dan susu.
  • Asam folat (folasin):
    Kedelai, hati sapi, kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, asparagus, bayam, brokoli.
  • Inositol:
    Beras, havermut/oats (bubur gandum), jeruk, kedelai, kacang tanah, selai kacang, kapri, beras merah.
  • Vitamin B1 (tiamin):
    Hati sapi/ayam
  • Vitamin B3 (niasin):
    Beras, kacang tanah, hati sapi/ayam.
  • Vitamin B4 (asam pantotenat):
    Hati, kacang tanah
  • Vitamin B6 (piridoksin):
    Ikan tuna, hati sapi/ayam, kedelai
  • Vitamin B12 (kobalamin):
    Hati sapi, ayam, kerang, tiram, ikan sarden

Bila Anda termasuk dalam 5 kelompok tersebut, sebelum mengkonsumsi suplemen Vitamin B sesuai dengan yang dianjurkan dalam artikel ini, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda. Namun jika tidak ingin mengkonsumsi suplemen, Anda bisa meningkatkan/konsumsi makanan yang merupakan sumber berbagai macam vitamin B.

(dari berbagai sumber)

6 thoughts on “Penyebab Turunnya Berat Badan Secara Drastis

  1. hmmm masalah yang sama dengan aku. aku juga lagi turun berat badan nih, bahkan jauh lebih kurus sebelum hamil. as info, before pregnant ak 52. after gave birth
    standar 55. eh mosok sekarang 49.

  2. haduh, kasus saya sama juga begitu.
    tinggi saya 157, dulu waktu SMA berat 46 47 48
    waktu kuliah sampai skrg semester 4 berat badan turun, skrg 37
    bingung ini knp, hrs gmn, muka jadi keliatan tua bgt, gk seger, gk cocok make baju apa aja,
    hmmmm pengenn gemuk

  3. makan sering, olahraga, rajin minum susu setiap hari dan yang point penting buat diri sendiri selalu happy, jangan terbebani dengan permasalahan..InsyaAllah naik lagi… aku kemarin berhasil naikin sampai hampir 10 kg…semoga kalian juga demikian ya…salam kenal

  4. Orang tua saya juga sakit seperti ini. Terima kasih buat share nya. Akan saya coba dengan vitamin B kompleks yang anda kutip di blog ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s